Berikut cara Melakukan Flash pada Handphone Android secara Benar

 

cara flash handphone android

Sebenarnya melakukan teknik perbaikan dengan cara ‘Flash’ sangat disarankan tidak boleh dilakukan secara sering, karena sangat beresiko rusaknya salah satu komponen penting seperti IC Flash atau juga IC EMMC. Kerusakan IC-IC tersebut akan sangat susah untuk diperbaiki, walaupun sudah banyak para penyedia jasa service smartphone yang menyediakan jasa perbaikan pada IC-IC tersebut namun ketika IC-IC tersebut diperbaiki/diganti biasanya tetap saja tidak mampu bertahan hidup untuk jangka waku yang lama.

Yang Perlu anda ingat disini adalah, bahwa Proses Flash hanya kita lakukan jika kondisi sudah sangat ‘darurat’ sehingga mau tidak mau harus kita lakukan. Disini kami akan coba uraikan Tips Melakukan Flash Android, tips-tips tersebut adalah sebagai berikut:

TIDAK ADA JAMINAN FLASH 100% SUKSES

Proses Flash bukan berarti mempunyai jaminan 100% bahwa smartphone akan kembali sehat seperti sedia kala, karena apabila kerusakan tersebut bukan berasal dari rusaknya sistem operasi Androidnya maka melakukan proses flash ini adalah hal yang sia-sia.

TIPS: Jangan menganggap dengan kita melakukan proses Flash maka seluruh kerusakan smartphone akan teratasi

Kemungkinan HP Mati Total Setelah di Flash

Persiapkan diri anda pada kemungkinan terburuk apabila smartphone anda jadi mati total “MATOT”, hal ini karena terjadinya kegagalan pada saat proses flash sedang berjalan. Kegagalan proses Flash yang berakibat kondisi mati total biasanya diakibatkan oleh beberapa hal seperti berikut:

Ketidak-tahuan kita pada spesifikasi detail smartphone yang akan di Flash

TIPS: Jangan selalu berpatokan pada nama atau jenis smartphone saja, karena pada beberapa seri smartphone ada yang mempunyai nama sama namun berbeda spesifikasi. Sebagai contoh misalnya salah satu smartphone android “Smartfren Andromax C”, pada Andromax C terdapat beberapa macam model yang masing-masing model memiliki spesifikasi khusus tersendiri.

 Andromax C generasi pertama berbasis ICS sementara untuk yang generasi 2 berbasis Jelly Bean. Untuk mengetahui secara pasti seri smartphone yang dipakai dapat dilihat pada tempelan sticker yang terpasang pada body smartphone dibalik battere, perhatikan secara detail pada text dengan tulisan “Model:” selain kode smartphonenya perhatikan juga tanda-tanda lainnya seperti apakah ada tanda ‘*’, tanda ‘#’ atau juga adanya penambahan akhiran ‘-02’, ‘-03’ dan lain sebagainya.

Tidak sesuainya Jenis, Type atau versi Firmware yang dipakai pada proses Flash dengan Jenis, Type atau versi Firmware yang sudah tertanam pada smartphone anda.

TIPS: Sebelum proses Flashing dilakukan pastikan terlebih dahulu bahwa Firmware yang akan anda pakai merupakan Firmware yang sesuai dan cocok dengan smartphone anda. Seperti pada penjelasan di poin pertama, kode-kode tambahan dibelakang serie model menentukan jenis firmware yang dipakai. Selain itu juga pastikan bahwa Firmware yang akan dipakai merupakan firmware original bukan firmware yang versi ubahan (dikenal dengan istilah Mod Firmware)

Terputusnya jalur atau aliran baik itu aliran data maupun aliran listrik yang sedang terjadi antara smartphone dengan komputer, pada saat proses flashing sedang berjalan

TIPS: Pastikan bahwa kabel data yang dipakai untuk proses flashing adalah kabel data yang mempunyai kualitas baik. Kualitas baik disini tidak berarti bahwa kabel data tersebut haruslah kabel yang original, percuma juga apabila kita menggunakan kabel yang original namun kualitasnya sudah jelek. Selain kabel data yang berkualitas baik, pastikan juga port usb yang akan dipakai pada komputer anda berjalan dengan sempurna

Demikian tips-tips dalam ‘Tips Melakukan Flash Android’ yang dapat penulis sampaikan, semoga berbekal tips-tips tersebut proses flash smartphone anda akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Apabila ada tips-tips tambahan dari pembaca sekalian yang ingin disampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah sebagai tambahan pengetahuan bagi pemabaca lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url