7 Hal Penting Bagi Freshgraduate dihari Pertama Kerja

 

jadi freshgraduate ditempat kerja

Baru masuk kerja bingung mau ngapain? hal ini sering dan menjadi hal yang lumrah terjadi kepada para pekerja baru khususnya para fresh graduate di hari pertama mereka mulai bekerja. namun, bingung mau mulai atau melakukan sebuah pekerjaan, bukan berarti harus menjadikan diri kamu serba canggung dan overthinking yang akhirnya justru membuat tidak melakukan apa-apa dihari pertama kerja nantinya.

sebelumnya kami ucapkan selamat buat kamu yang sudah diterima kerja hari ini. dan buat kamu yang belum, tetap semangat, berusaha dan jangan lupa buat berdoa agar segera bisa memiliki penghasilan dan dapat memenuhi kebutuhan hidup sendiri.

kembali ke topik diatas, banyak fresh graduate yang bingung bahkan canggung atau istilah lamanya demam panggung dihari pertama kerja. dan jangan salah, pada beberapa kasus justru kejadian yang kami sebut sebagai demam panggung ini justru mengakibatkan si fresh graduate akhirnya tidak kembali kekantor dihari keduanya, kan gawat.

 kemungkinan terbesar dari kejadian ini bisa jadi dikarenakan mereka menganggap tidak adanya sambutan hangat dari para karyawan lama, atau mereka yang kurang pandai dalam bergaul di tempat baru dan dengan orang-orang yang sangat baru untuk dikenal. untuk itu, didalam artikel kali ini kami akan mencoba memberikan tips atau beberapa hal yang bisa dilakukan oleh kalian para fresh graduate dihari pertama masuk kerja. simak ulasan dibawah ini :

Apa Yang Harus Dilakukan Oleh Karyawan Baru?

Hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan dan juga dilakukan oleh para karyawan dan khususnya karyawan baru atau fresh graduate dihari pertama kerja agar tidak terjadi kecanggungan adalah Pekerjaan.

Pahami dan Mengerti Soal Tanggung Jawab yang Di Pegang

tentunya jika ditanya, setelah diterima kerja apa yang harus dilakukan? tentunya adalah melakukan pekerjaan. bukan sembarang pekerjaan, tapi adalah pekerjaan yang menjadi tugas pokok dan tanggung jawab kalian, sesuai dengan posisi serta divisi dimana kalian diterima nantinya.

tentunya disetiap perusahaan atau kantor ada kepala divisi atau penanggung jawab terhadap satu bagian tertentu. untuk itu, jangan ragu untuk menyapa dan bertanya kepala divisi kalian untuk menanyakan pekerjaan apa yang dapat kalian lakukan atau kerjakan dihari pertama tersebut.

dan pastikan, kalian dapat mengerti dan memahami pekerjaan tersebut atau tanggung jawab pekerjaan itu dalam tempo waktu yang cepat. pelajari dengan teliti dan benar, tanyakan jika ada hal yang dirasa tidak dimengerti untuk segera mendapat jalan keluar terbaiknya. agar penilaian para atasan juga bagus terhadap kinerja kamu nantinya.

Cari Tahu Kapan Waktu Deadline Sebuah Pekerjaan

Pada semua perusahaan, disetiap tugas atau pekerjaannya selalu ada yang namanya tenggat waktu atau deadline. kalian harus tahu kapan deadline dari sebuah pekerjaan yang sedang kalian kerjakan atau diserahkan kepada kalian untuk dilaksanakan.

untuk itu, koordinasi dengan atasan ataupun rekan kerja sangat diperlukan dan dibutuhkan. jangan sampai dihari-hari pertama kerja, kamu justru menunjukkan bahwa kamu tidak mampu mengemban tugas atau posisi tersebut dikarenakan terlena dalam bekerja tapi melupakan bahwa pekerjaan tersebut ada batas waktu pengerjaannya.

Tahu dan Mengerti Tools Yang Di Pakai Dalam Bekerja

Dalam isi lowongan pekerjaan selalu diiringi dengan keterangan terhadap disiplin ilmu atau keahlian apa yang diharapkan oleh perusahaan terhadap calon karyawan yang dicari oleh mereka. hal ini juga berkaitan dengan alat atau tools apa yang akan anda pakai dalam melaksanakan tugas pekerjaan anda.

tapi tidak jarang, ada beragam macam tools atau alat dengan cara pakai berbeda meskipun demi menghasilkan hal yang sama. untuk itu, anda jangan sampai meremehkan hal tersebut dengan tidak menanyakan apalagi tidak tau harus memakai tools yang mana untuk melaksanakan pekerjaan yang dibebankan pada diri anda.

karena, meskipun beberapa alat diciptakan untuk keperluan yang sama. bukan berarti hasil yang didapat dapat sama pula, karena bisa jadi hasilnya berbeda. baik itu dalam rupa, warna, kualitas yang artinya adalah merupakan hasil akhir dari pekerjaan anda tersebut. jadi sebaiknya perhatikan baik-baik hal ini dan jangan ragu atau sungkan untuk bertanya dan koordinasi dengan rekan kerja atau atasan.

Mengerti Bentuk Laporan dari Pekerjaan

Apakah bentuk dari sebuah laporan atas pekerjaan anda nantinya berupa print out dari dokumen word, excel, presentasi powerpoint atau lainnya. hal ini harus anda pastikan kepada atasan sebelum memulai kerja nantinya. terkadang hal ini disampaikan diawal oleh mereka, tapi tidak jarang juga mereka menunggu respon dan inisiatif anda dalam bertanya. hanya untuk memastikan sebesar apa antusiasme dan juga nalar bekerja anda.

Cari Tau Hal Yang Bisa dan Dilarang dalam Pekerjaan

Persiapan apa saja yang akan anda lakukan dihari pertama anda bekerja, mencari tahu tentang banyak hal soal pengetahuan anda terhadap hal apa saja yang menjadi target dari pekerjaan yang anda lakukan tersebut.

beberapa hal juga berkaitan dengan berbagai kegiatan yang bisa dan juga dilarang oleh peraturan perusahaan dalam keterkaitannya anda dalam melakukan pekerjaan ataupun dengan hal yang bersifat pribadi yang tidak ada hubungan sedikitpun dengan pekerjaan namun menjadi larangan didalam perusahaan.

Kenali pihak lain yang terkait dengna pekerjaan kamu

Pihak lain yang kami maksud disini adalah para orang-orang dilingkungan perusahaan kamu yang memiliki hubungan secara langsung ataupun tidak langsung terhadap hasil dari pekerjaan kamu nantinya. diantara mereka yang menjadi pihak dimana nantinya bisa memiliki keterkaitan dengan pekerjaan kamu tidak lain adalah :
  1. Rekan Kerja / Partner, yang nantinya menjadi tempat diskusi ataupun bekerja sama untuk menyelesaikan tugas pekerjaan agar sesuai dengan output yang di minta dan tentunya sesuai dengan jadwal deadline yang ditentukan.
  2. Orang-Orang di Divisi Lain, mereka tidak berhubungan langsung dengan pekerjaan yang kamu kerjakan. tapi mengenal dan berhubungan baik dengan mereka sangat diperlukan demi kelancaran pekerjaan kamu. contohnya, bagian keuangan ataupun HRD dan lainnya yang sudah pasti sewaktu-waktu, cepat atau lambat pasti kepentingan pekerjaan kamu beririsan dengan divisi mereka.
  3. Atasan, sebagai orang yang membawahi kamu serta divisi tempat kamu bernaung atau dengan kata lain sebagai penanggung jawab atas hasil laporan pekerjaan yang kamu serahkan. maka sudah sepantasnya kamu mengenal beliau dengan baik. karena triknya, semakin baik hubungan kamu dengan atasan maka akan semakin ringan pekerjaan berat yang kamu kerjakan nantinya.

Kenali Lingkungan Kantor

Ini menjadi hal yang paling penting karena sesuai dengan pengalaman langsung dari penulis, dimana ketika pertama kali masuk kerja sebagai fresh graduate penulis menahan buang air kecil dari siang sampai petang karena tidak tau dimana letak toilet, dan demam panggung hingga tidak berani berkomunikasi bahkan untuk sekedar menanyakan letak toilet pada rekan kerja yang lain.

kalian harus tahu dan mengenal seluk beluk kantor, letak beberapa tempat penting yang kerap digunakan sehari-hari oleh orang-orang didalam perusahaan ataupun kamu sendiri nantinya. dan diantara tempat-tempat penting yang harus kamu tau letaknya dilingkungan kantor dihari pertama kerja sebagai fresh graduate, diantaranya adalah :
  • Tempat Mesin Fotokopi
  • Toilet dan Musholla
  • Lokasi Dapur atau Pantry
  • Tempat Istirahat dan Makan Siang
  • Ruang Divisi Lain
  • Security dan OB
Demikian sedikit hal yang bisa kami sampaikan untuk dapat menjadi tips dan juga trik agar kalian tidak canggung menjadi fresh graduate dihari pertama bekerja. dan semoga dapat sedikit membantu dan dapat berguna bagi anda yang mencobanya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url