4 Tips Mengelola Keuangan Pribadi dengan Efektif dan Cerdas

 

tips mengelola keuangan pribadi

Memastikan bahwa anda memiliki siklus keuangan secara mandiri dimulai sejak dini sampai dimasa depan nanti, merupakan langkah bijak dalam mengatur kehidupan finansial nantinya. banyak orang yang mencoba berbagai cara dalam mengelola keuangannya, hanya saja kesulitan untuk menemukan formula terbaik dalam mengaturnya. berikut kami rangkum 4 cara terbaik bagi anda semua tentang bagaimana sebaiknya mengatur keuangan dalam hidup.

Menabung

Hal penting untuk anda ketahui tentang menabung ialah bukan soal besaran jumlahnya yang dapat anda simpan. tapi tentang berapa lama konsistensi anda dalam menyisihkan pendapatan untuk ditabung bisa bertahan.

banyak dari kita yang hanya semangat diawal untuk memulai kebiasaan baik satu ini, hanya saja sedikit yang mampu untuk konsisten dalam melakukannya. yang perlu anda pahami adalah, menabung bukanlah beban yang memberatkan hidup, melainkan kebutuhan dan penolong bagi hidup anda dimasa dan satu waktu yang bisa saja memberatkan anda nantinya. 

Pastikan untuk Memiliki Dana Darurat

Dana darurat yang dimaksud disini bukanlah dana tabungan yang kami harapkan untuk anda lakukan secara konsisten diatas. diluar pos tabungan, pastikan ada dana lain yang anda simpan dan miliki untuk kebutuhan mendesak sewaktu-waktu.

sekali lagi kami ingatkan, jika ini bukan sesuatu yang akan memberatkan hidup anda melainkan akan meringankan beban anda di masa depan nantinya. karena hal-hal mendesak dan darurat tidak muncul ataupun hadir setiap waktu dalam hidup kita, itu artinya anda tidak perlu menyisihkan dana tersebut setiap bulan.

cukup menyisihkan pada satu waktu, dan jangan pernah sentuh apalagi menggunakannya jika tidak untuk hal-hal yang benar-benar urgent bagi kebutuhan hidup anda.

Dahulukan Menabung dan Membayar Hutang

Hal yang sering kali dilupakan atau barang kali diabaikan. tidak dapat dipungkiri jika banyak dari kita yang menggebu-gebu untuk mendapatkan pinjaman, tapi ogah-ogahan dalam membayarnya. begitupun dengan hal menabung, yang mana kebanyakan dari kita hanya menabungkan apa yang tersisa bukan sebaliknya menabung apa yang ada, lalu membelanjakan sisanya.

yang sebaiknya anda ingat dan lakukan adalah, ketika mendapatkan uang atau menghasilkan penghasilan. dahulukan membayar hutang ataupun cicilan yang anda miliki, tabungkan, lalu belanjakan sisanya. jangan sampai terbalik, dimana membelanjakan penghasilan anda, menyisihkan setelahnya dan mencicil lagi hutang anda. jangan pernah lakukan hal tersebut!

Miliki Asuransi

Seringkali kita menanggap bahwa mengikutkan diri kedalam asuransi adalah sebuah pemborosan atau kegiatan yang sia-sia. padahal, banyak sekali manfaat asuransi yang dapat kita gunakan disaat-saat genting nantinya. 

sebagai contoh, asuransi kesehatan. tidak ada satupun orang yang akan menyangkal bahwa biaya perobatan di rumah sakit sangatlah mahal, dengan menyisihkan sedikit dari penghasilan untuk membeli asuransi kesehatan bagi backup perobatan kita sewaktu-waktu, bisa jadi biaya perobatan yang akan diberikan pihak asuransi nantinya akan jauh melebihi biaya iuran yang kita bayarkan, bahkan seumur hidup.

dan banyak contoh asuransi lainnya yang bisa menjadi penolong diwaktu sempit dan terdesak, seperti asuransi kendaraan, pendidikan dan lain sebagainya. hal terpenting dari ini yang harus ada didalam pikiran anda adalah, bahwa memiliki asuransi bukan berarti mendo'akan diri kita untuk terus berada dalam kondisi dimana kita membeli asuransi tersebut, tapi sebagai antisipasi diri terhadap kemungkinan-kemungkinan buruk yang kapan saja bisa terjadi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url