3 Cara Backup Data Chat Whatsapp, termasuk Foto dan Video

 

cara backup data whatsapp

Ada kalanya ketika user atau pengguna WhatsApp menginginkan data-data percakapan yang tersimpan pada smartphone di aplikasi WhatsApp ingin di-Backup sebagai antisipasi apabila suatu saat smartphone kesayangannya mengalami kerusakan atau juga smartphone tersebut diganti dengan perangkat smartphone lain maka data-datanya tidak akan hilang.

Lalu bagaimana cara membackup, merestore atau mentransfer data-data tersebut?

Disini penulis akan coba uraikan langkah-langkah dalam membackup, merestore dan mentransfer data-data pada WhatsApp dengan menggunakan media penyimpanan data online yaitu Google Drive.

BACKUP DATA WHATSAPP

Pada dasarnya atau secara ‘Default’ aplikasi WhatsApp akan melakukan proses backup secara otomatis setiap hari pada pukul 02.00 dan data backup tersebut tersimpan pada perangkat smartphone itu sendiri. Namun karena file backup tersimpan pada penyimpanan di smartphone, tentunya tingkat keamanannya cukup rentan mengalami kerusakan apalagi apabila smartphone tersebut mengalami kerusakan yang juga akan berakibat hilangnya data backup tersebut.

Oleh karenanya bantuan media penyimpanan online akan sangat membantu kita dalam menjaga data-data tersebut, WhatsApp sudah dibekali fitur untuk melakukan proses backup pada media online yaitu Google Drive. Namun sebelum proses backup pada Google Drive dilakukan maka sebelumnya pastikan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini:

  • Memiliki akun Google Drive
  • Smartphone kita harus disinkronkan dengan Google Drive
  • Aplikasi Google Play telah terinstall pada Smartphone
  • Mempunyai sisa ruang penyimpanan pada Google Drive yang cukup (besar atau kecilnya kebutuhan ruang penyimpanan tergantung seberapa banyak data yang akan dibackup)
  • Mempunyai sisa ruang penyimpanan pada memori telepon yang cukup (besar atau kecilnya kebutuhan ruang penyimpanan tergantung seberapa banyak data yang akan dibackup)

Setelah 5 hal tersebut terpenuhi, berikutnya kita mulai melakukan pengaturan pada aplikasi WhatsApp-nya yaitu:

  • Buka Aplikasi WhatsApp
  • Masuk ke Menu utama WhatsApp dengan cara mengklik Icon Menu (berbentuk 3 titik berbaris kebawah) yang berada disudut kanan atas
  • Setelah diklik Menu tersebut akan mucul 6 buah sub menu yaitu ‘New group’, ‘New broadcast’, ‘WhatsApp Web’, ‘Starred Messages’, ‘Status’, dan ‘Settings’. Lalu kita pilih yang ‘Settings’ (untuk nama serta susunan sub menu mungkin berbeda apabila smartphone kita menggunakan Bahasa Indonesia)
  • Pada Menu ‘Settings’, lanjutkan dengan masuk ke menu ‘Chats’
  • Menu Chat
  • Lalu pilih menu ‘Chat backup’

Chat Backup

Didalam menu ‘Chat backup’ inilah konfigurasi backup tersedia. Seperti terlihat pada gambar dibawah, terdapat tombol ‘BACK UP’ berwarna hijau yang apabila kita klik maka seluruh data-data pada WhatsApp akan langsung terbackup namun file hasil backup tersebut disimpan pada memory smartphone.

Menu Backup

Sementara apabila kita akan melakukan backup data-data yang terdapat pada WhatsApp melalui media penyimpanan online Google Drive, maka fitur ini tidak akan kita pakai. Kita lebih berfokus pada menu ‘Google Drive Settings’.

Hal pertama yang kita lakukan adalah kita pilih atau masuk pada menu ‘Back up to Google Drive’, pada menu ini kita dapat memilih proses backup data-data WhatsApp apakah Daily (Harian), Weekly (Mingguan) ataukah Monthly (Bulanan). Pilihan ini disesuaikan saja sesuai dengan keperluan atau keinginan anda.

Hal yang kedua tentu saja pada menu ‘Account’ karena akun inilah yang menentukan dalam proses penyimpanan. Akun disini adalah akun gmail yang telah mempunyai Google Drive, apabila pada smartphone anda dipasang 2 buah akun maka anda pilih salah satunya.

Berikutnya adalah menentukan jenis koneksi yang akan kita pakai dalam proses backup data tersebut dengan masuk pada menu ‘Back up over’, kita dapat memilih proses backup ini apakah hanya pada saat terhubung pada Wi-Fi saja (pilih Wi-Fi) ataukah pada Wi-Fi dan Koneksi Cellular (pilih Wi-Fi or cellular)

Dan yang terakhir menu ‘Include videos’, apabila kita menginginkan seluruh data termasuk koleksi-koleksi video yang terdapat pada WhatsApp maka kita bisa ceklis menu ini. Sementara apabila kita tidak membutuhkan file-file video tersebut maka tidak perlu kita ceklis

Perlu diingat pada proses backup, apabila ada data backup yang lama di Google Drive maka data tersebut akan secara otomatis terhapus dan digantikan dengan data backup yang baru dan tidak ada cara yang dapat dilakukan ketika kita ingin data lama tersebut dikembalikan, artinya data yang terhapus akan hilang secara permanen.

RESTORE

Restore, memulihkan atau mengembalikan data yang telah terbackup sangat mudah kita lakukan, namun karena ini adalah proses restore jadi hanya dapat dilakukan pada perangkat atau smartphone yang baru terinstall WhatsApp.

Seperti kita ketahui bahwa pada saat awal kita akan mengaktifkan WhatsApp pada sebuah smartphone, kita diharuskan memasukan nomor ponsel yang akan dipakai. Apabila pada saat kita memasukan nomor ponsel yang sama dengan nomor ponsel yang mempunyai data backup pada Google Drive, WhatsApp akan memberikan tampilan yang berisi pertanyaan apakah kita ingin merestore data dari data backup tersebut. Pada tampilan pertanyaan tersebut cukup kita pilih ‘Restore’ untuk mengembalikan data-data yang telah terbackup sebelumnya.

Apabila tampilan pertanyaan restore tidak tampil atau WhatsApp tidak mendeteksi adanya data backup artinya memang kita tidak memiliki data backup pada Google Drive, namun jika kita yakin bahwa kita mempunyai data backup yang tersimpan pada Google Drive biasanya masalah yang terjadi adalah:

  • WhatsApp kita tidak terhubung ke akun Google yang sama pada saat kita melakukan proses Backup
  • Nomor ponsel yang digunakan tidak sama dengan nomor ponsel yang digunakan pada saat melakukan proses Backup

Lalu bagaimana apabila kita ingin restore data backup pada Google Drive namun masih pada smartphone yang sama?

Karena proses restore hanya dapat dilakukan pada smartphone yang baru terinstall aplikasi WhatsApp maka kita dapat melakukan proses tersebut dengan terlebih dahulu menghapus aplikasi WhatsApp-nya lalu download ulang atau install ulang aplikasi WhatsApp dan proses restore pun dapat kita lakukan.

TRANSFER

Proses transfer data WhatsApp biasanya dilakukan ketika pengguna WhatsApp berpindah atau mengganti smartphone nya, sebetulnya cara transfer tidak perlu kita lakukan apabila kondisi smartphone tersebut dalam posisi ‘Online’ karena dapat menggunakan metode Backup dan Restore. Namun bagaimana apabila posisinya sedang ‘Offline’?

Cara paling mudah yang dapat kita lakukan untuk mentransfer data-data WhatsApp tanpa koneksi adalah dengan bantuan komputer atau juga kartu memory.

Proses menggunakan komputer atau kartu memory (SD Card) sebetulnya hampir mirip yaitu melalui media Windows Explorer (Windows PC) atau File Explorer (Smartphone), namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa data WhatsApp telah terbackup pada smartphone SUMBER (didalam menu ‘Chat Backup’ klik atau pilih tombol hijau “BACK UP’) sementara pada Smartphone TARGET jangan dulu diinstall WhatsApp, siapkan saja file installer APK-nya pada smartphone TARGET. Apabila belum tahu cara mendapatkan file installer APK, dapat membaca artikel Cara Download APK di PlayStore

  1. Menggunakan bantuan komputer. Pada Windows Explorer kita buka sdcard/WhatsApp/Databases (media penyimpanan smartphone SUMBER) dan biasanya akan ada sebuah file bernama msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12, copy paste file tersebut ke smartphone TARGET (untuk lokasi paste bebas saja baik itu pada memory internal maupun eksternal) lalu kita ganti atau rename file tersebut menjadi db.crypt12.
  2. Menggunakan bantuan kartu memory/SD Card. Proses ini dapat dilakukan langsung pada smartphone SUMBER. Pada File Explorer kita buka sdcard/WhatsApp/Databases akan terlihat sebuah file bernama msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12, copy paste file tersebut ke luar folder WhatsApp misalnya berposisi pada sdcard/msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 lalu kita ganti atau rename file tersebut menjadi db.crypt12.  Berikutnya pasang kartu memory (SD Card) tersebut pada smartphone TARGET

Setelah cara 1 atau 2 dilakukan, kita install Aplikasi WhatsApp yang telah disiapkan sebelumnya pada Smartphone TARGET lalu seperti pada proses RESTORE diatas, pada saat kita ditampilkan pertanyaan ‘Restore’ tampil maka pilih saja ‘restore’. Secara otomatis WhatsApp akan melakukan proses pemulihan data yang bersumber dari file db.crypt12.

 Demikian Cara Backup, Restore atau Transfer Data pada WhatsApp yang dapat penulis sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima Kasih …

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url