Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Baterai IPhone Kembung

 

Penyebab Baterai IPhone Cepat Kembung

Masalah baterai yang terjadi pada iPhone memang di sebabkan beberapa hal pemakaian yang tidak sesuai atau penggunaan yang tidak wajar, penulis sendiri pernah mengalami hal ini. Komponen yang di gunakan pada iPhone memiliki standar pemakaian dan cara bagaimana merawat baterai agar tetap awet, sama halnya dengan ponsel-ponsel di luar sana.

 Baterai yang digunakan di iPhone biasanya di dukung oleh Lithium-Ion, dimana memiliki durabilitas dan keawetan baterai yang sangat baik, kita tahu bahwa merek tersebut banyak di gunakan di berbagai perangkat smartphone dunia. Setiap keluaran iPhone baru, biasanya mereka melakukan optimasi terhadap penggunaan baterai, yang bisa lebih hemat 2 – 3 kali lipat dari seri sebelumnya.

 Penyebab baterai iPhone kembung ini dipicu oleh beberapa faktor, mau tau apa saja penyebab baterai iPhone kesayangan Anda mengalami baterai kembung, berikut dibawah dibawah ini penyebabnya.

 1. Overcharge

Tahu gak kalau sering Overcharge, bisa menyebabkan baterai kembung, dikarenakan daya yang masuk terlalu lama, walaupun teknologi yang di gunakan pada baterai Lithium-Ion dalam keadaan 100% tidak melakukan charging, akan tetapi ini akan berdampak pada siklus penggunaan baterai iPhone Anda.

 Apalagi Anda sering melakukan charging ditinggal tidur pada malam hari, dan ini sering sekali terjadi dan hampir semua pengguna smartphone melakukan hal ini. Cara untuk optimasi pengisian data baterai di iPhone, Anda bisa mengaktifkan Optimized Battery Charging dimana fungsi ini untuk mempelajari siklus charging Anda agar tidak terisi 100% saat pengisian, silakan tap menu Settings>Battery>Battery Health> kemudian aktifkan  Optimized Battery Charging.

 2. iPhone di Gunakan saat di Charger

Penggunaan iPhone saat dicharger dengan durasi yang lama, ini dapat menyebabkan baterai iPhone Anda kembung, dikarenakan panas yang di timbulkan pada saat charging dan saat bersamaan di gunakan, memang tidak langsung kembung, akan tetapi jika dilakukan secara terus menerus ini akan mengalami kembung.

 3. Menggunakan Charger bukan Bawaan iPhone

iPhone termasuk perangkat yang sangat sensitif terhadap perangkat yang bukan bawaannya, apalagi  yang digunakan adalah salah satu perangkat penting seperti charger, jika Anda menggunakaan kepala charger asli dari iPhone, maka akan mempengaruhi pengisian daya dari baterai iPhone tersebut, pasalnya walau keluaran voltasenya 5 Volt sama dengan yang asli, ini belum tentu menjamin bahwa saat pengecasan akan optimal.

 Penyebab penggunaan charger bukan bawaan iPhone, biasanya menyebabkan panas, pengisian daya baterai tidak stabil, waktu pengecasan yang tidak sesuai, sehingga bisa menyebabkan baterai iPhone  Kembung.

 4. Penggunaan Charger iPad untuk Charging iPhone dan Sebaliknya

Jangan sekali – kali Anda mengabagikan penggunaan charger, walau charger yang Anda gunakan adalah bawaan asli Apple, akan tetapi salah penggunaan, kita tahu bahwa setiap perangkat yang digunakan di iPhone harus menggunakan perangkat charger untuk iPhone, dan begitu juga pada iPad, harus menggunakan bawaah iPad.

Jangan berfikir bahwa itu semua sama, nah charger yang digunakan sudah memiliki fungsi yang di peruntukan pada masing-masing perangkat, jadi ini bisa menyebabkan baterai iPhone Anda kembung, diakibatkan salah penggunaan dan voltase yang dikeluarkan.

 5. Penggunaan Powerbank

Penggunaan powerbank saat melakukan charger di iPhone Anda akan mempengaruhi umur baterai, penggunaan sesekali masih bisa di maklumi, jika Anda menggunakan powerbank setiap hari akan berdampak keawetan baterai Anda, karena penggunaan powerbank adalah untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak dan urgent, bukan untuk charger harian.

 Penggunaan powerbank untuk melakukan charger di iPhone Anda akan tidak maksimal, karena kita tidak tahu kebutuhan voltase dan tegangan listrik yang di hasilkan, yang pastinya memiliki perbedaan dengan penggunaan listrik konvensional, sehingga bisa menyebabkan baterai iPhone Anda Kembung.

 6. Faktor Usia

Faktor yang terakhir adalah kita tidak bisa menolak tua, umur baterai akan mempengaruhi performa sistem iOS, dimana baterai yang digunakan sudah tidak maksimal melakukan supply ke beberapa komponen yang ada di iPhone, nah ini biasanya beterai yang di gunakan sering ngedrop, dan sering melakukan charging 4-5 kali dalam sehari.

 Komponen baterai pada iPhone sangat penting, karena baterai pada iPhone mendukung kesetabilan saat menggunakan iPhone, sehingga kalibrasi kapasitas di iPhone tidak lompat-lompat, pasti sebagian dari pengguna iPhone mengalaminya, pada saat baterai masih 40% tiba-tiba jadi 5%, ini menyebabkan kinerja dari sistem tidak maksimal, sehingga bisa menyebabkan baterai kembung akibat usia baterai.

 Demikian tips ini kami bagikan, terima kasih telah berkunjung di blog kami, Stay healty dan Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Penyebab Baterai IPhone Kembung"