Ad Unit (Iklan) BIG

Cara beli Rumah dan Motor Baru Dari Gaji 3 Juta

Posting Komentar

 

cara manajemen gaji 3 juta

Ketika ditanya dengan gaji 3 juta dapat untuk beli apa dan bisa mempunyai apa, kita sepakat setuju bahwa kebanyakan orang pasti akan menjawab hanya cukup buat makan, cuma cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan lain-lain sebagainya yang tidak jauh dari hanya untuk memenuhi keperluan hidup dalam sebulan itu saja atau bahkan mungkin kurang.

Namun perlu anda ketahui, bahwa yang kurang sebenarnya bukan soal berapa nominal uang yang bisa dihasilkan dari gaji tersebut. tapi tentang bagaimana anda bisa memanajemen dengan baik keuangan yang terbatas itu. 

kebanyakan orang berpikir, bahwa untuk dapat mempunyai sebuah rumah atau memiliki kendaraan seperti motor baru haruslah memiliki gaji atau penghasilan yang cukup besar agar mampu melakukan cicilannya. padahal jika dilihat pada sekeliling kita, bahwa ada berapa banyak orang-orang dengan gaji melimpah tapi tidak mampu memiliki rumah dan kendaraan baru. 

itu artinya, yang menjadi persoalan disini bukan mengenai berapa banyak gaji yang bisa anda dapatkan. tapi tentang bagaimana anda mampu mengatur dan mengontrol keuangan tersebut. sehingga, hal seperti keperluan untuk membeli hunian dan kendaraan tersebut dapat terealisasi dengan baik, dan yang pastinya tanpa membebani diri anda sendiri nanti.

Berikut kami berikan saran atau tips dan cara tentang bagaimana sebaiknya mengatur gaji 3 juta agar mampu membeli rumah sampai kendaraan baru dalam jangka waktu setahun.


Menabung 50% dari Gaji

Dengan asumsi bahwa anda tidak memiliki segala jenis hutang lain sebelumnya, maka kami yakin dalam waktu dan tempo setahun kedepan jika anda mengikuti tips dan cara ini, maka impian anda untuk memiliki hunian pribadi dan kendaraan berupa motor baru akan tercapai.

Tampak sangat besar memang, tapi percayalah bahwa 50% sisanya sudah sangat lebih dari cukup untuk kehidupan sehari-hari anda bahkan bersama keluarga. bagaimana perhitungannya, berikut : 10% Gaji yang artinya sebesar Rp. 300Ribu Manfaatkan untuk biaya Listrik, Air, dan Gas. 20% Gaji yang berjumlah Rp. 600Ribu Gunakan untuk Keperluan Makan sehari-hari. 

jika anda mau jujur, dengan hidup sederhana maka uang sebanyak itu akan lebih dari cukup untuk memenuhi makan anda selama sebulan penuh. dan 20% sisanya, bisa anda gunakan untuk biaya operasional, iuran sekolah anak dan sedikit tabungan.

sebagian besar orang sepakat, bahwa biaya makan tidaklah banyak dan juga mahal. tapi biaya kelakuan dan foya-foya, maka berapapun banyaknya uang yang bisa anda hasilkan itu tidak akan pernah cukup. 

lalu hitung, dengan menabung 50% dari gaji selama setahun penuh. artinya, dalam kurun waktu 12 bulan anda akan memiliki tabungan cash sebanyak 18 juta rupiah. dan itu lebih dari cukup untuk anda dapat melakukan DP dan kemudian melakukan cicilan rumah atau KPR dan Kendaraan Baru.

Membeli Rumah Subsidi

Hal yang Penting bagi anda ketahui adalah tentu dengan uang tabungan sejumlah tersebut dan fakta bahwa gaji anda hanya sebesar 3 Juta maka satu-satunya KPR yang ideal bagi anda sekeluarga adalah Rumah Subsidi.

Untuk Memiliki Rumah Subsidi saat ini anda tidak perlu mengeluarkan uang sebagai Down Payment atau DP dalam jumlah besar. cukup dengan biaya sebesar 2 sampai dengan 5 juta rupiah, maka segala hal yang berkaitan dengan DP serta Administrasi di akad Kreditnya nanti akan sangat cukup.

Besaran Cicilannya pun akan sangat bervariasi nantinya, tergantung pada seberapa jauh letak perumahan subsidi yang anda beli dengan pusat kota atau keramaian. dan dari pengalaman kami, cicilan rumah subsidi ada pada kisaran 600ribuan sampai dengan 900ribuan saja setiap bulannya.

dari total uang yang dapat anda tabung sebanyak 50% setiap bulan, anda bisa mengalokasikan 30% nya atau sebanyak 900Ribu sebagai biaya cicilan tiap bulannya nanti.

Membeli Kendaraan karena Fungsi bukan Gengsi

Alih-alih untuk membeli motor atau kendaraan baru. jika kendaraan anda yang sekarang masih cukup bagus dan layak untuk dimiliki serta dikendarai. maka tidak ada salahnya tetap menyimpan sisa 20% tabungan anda sebagai dana darurat.

tapi jika kendaraan baru dirasa perlu untuk menunjang operasional maka tidak ada salahnya membeli kendaraan berupa motor baru dengan tingkat DP dan cicilan yang paling murah. dengan sisa uang tabungan anda selama setahun tadi, tidak ada salahnya untuk memberi Down Payment atau DP dalam jumlah besar agar cicilan anda perbulan dapat mengecil dan maksimal sebesar 600ribu rupiah.

dipasaran sangat banyak motor baru dengan cicilan sebesar itu, dan yang terpenting adalah diri anda sendiri untuk diingat bahwa membeli motor tersebut bukan dikarenakan gengsi, melainkan fungsi.

Sekolahkan Anak Pada Sekolah Negeri

Pengeluaran anda yang sudah mentok dengan gaji yang dimiliki, tidak memberi banyak pilihan bagi anda dalam menyekolahkan atau memberikan pendidikan pada anak selain sekolah negeri atau swasta dengan iuran bulanan yang kecil.

tapi saran kami, sebaiknya tetap sekolahkan anak anda pada instansi negeri. karena demi menekan biaya keluar, yang mana pada sekolah negeri anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak sebagai iuran, dan bahkan bisa gratis iuran sekolah.

Tetap Hemat

Hemat dengan menekan segala biaya sehari-hari yang dapat diirit sebanyak-banyaknya. seperti, membawa bekal dari rumah, untuk kerja atau anak sekolah. menghemat penggunaan air dan listrik, usahkan membuat daripada membeli makanan atau camilan dari luar.

Tetap Menabung

Dari total tabungan tersisa yang anda miliki dari hasil menabung selama setahun penuh diatas, kami perkirakan bahwa saat ini ada dana cash setidaknya paling kecil sebanyak 5juta rupiah didalam tabungan anda.

dengan uang sebanyak itu, jangan justru menjadikan diri anda gelap mata dalam membelanjakan atau membelikan pada hal-hal yang tidak perlu. justru, berapapun sisa yang mampu anda hemat hasil dari pengiritan selama sebulan, tetap harus anda simpan dan tabung. 

semua hal diatas akan sangat masuk akal bagi anda yang single ataupun sudah berkeluarga dengan perkiraan atau asumsi tidak memiliki hutang dan tidak akan lagi berhutang diluar hal-hal diatas. bagi yang memiliki saran dan pandangan lain, coba beri saran pada kami di kolom komentar.

Related Posts

: