Ad Unit (Iklan) BIG

Hal Penting Yang Wajib Di Tanyakan Saat Interview

Posting Komentar

 

hal penting yang bisa ditanya saat interview

Ketika waktu untuk interview kerja hadir, ada beberapa hal yang perlu dan wajib untuk anda persiapkan dalam menghadapinya. hal-hal berbau persiapan seperti menyiapkan mental agar tidak gugup, berlatih berbahasa yang baik dan benar serta menyiapkan jawaban untuk semua pertanyaan sebaik mungkin adalah hal pentun yang perlu untuk dilakukan.

karena sesi wawancara kerja merupakan komunikasi dua arah. yang artinya tidak hanya kamu yang harus diberi pertanyaan. maka ada baiknya, selain semua hal yang berkaitan dengan diri kamu, ada juga beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk ditanyakan kepada para interviewer atau pewawancara. dan berikut, beberapa hal penting untuk kamu tanyakan saat dalam momen wawancara kerja.

Tentang Jobdesk

Hal paling penting untuk kamu tanyakan adalah mengenai jobdesk yang akan diterima. agar jangan sampai terjadi ketidak sesuaian dalam pelaksanaan pekerjaan juga tugas yang dibebankan oleh perusahaan nantinya.

banyak dari para pencari kerja yang mengabaikan hal ini dikarenakan lebih membutuhkan pekerjaan. sehingga diawal-awal mengiyakan semua hal diluar tugas pokok yang seharusnya diterima. alhasil, seiring berjalannya waktu, lambat laun akhirnya mengeluh dan membandingkan pekerjaan sendiri dengan pekerjaan yang dilakukan oleh rekan yang lain.

hal yang tidak kalah penting dari menanyakan soal jobdesk adalah tentang beberapa hal yang umumnya menjadi tantangan dari pekerjaan pokok tersebut. apa saja yang mungkin dihadapi atau menjadi penghambat dari kelancaran pekerjaan. tujuannya adalah tidak lain dan bukan agar anda dapat mempersiapkan diri dari kemungkinan-kemungkinan ketidak lancaran tersebut.

Mengenai Tunjangan

Penting untuk kamu tanyakan karena berkaitan dengan penghasilan yang akan kamu dapatkan nantinya. apakah perusahan tersebut membayarkan hal berupa uang makan, transport, kerajinan atau kedisiplinan dan lain sebagainya secara terpisah. atau include didalam gaji pokok semuanya.

Besar Gaji yang Didapat

Seperti halnya point satu diatas, banyak orang atau pencari kerja yang mengabaikan atau tidak mempertanyakan soal berapa besaran gaji yang bisa didapat dikarenakan tujuan utamanya adalah mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu, sementara hal soal gaji bisa dipikirkan belakangan.

ini jelas hal yang salah. dikarenakan kesepakatan kerja harus dibarengi dengan kesepakatan upah atau gaji diawal, bukan hal yang bisa dikesampingkan apalagi dibelakangkan. anda harus tegas soal berapa besaran upah atau gaji yang ingin didapat.

jika ternyata tidak sesuai dengan standart atau kesanggupan dari perusahaan, maka nantinya akan hadir hal bernama negosiasi. dimana akan dicari bersama soal win win solution bagi kedua belah pihak. jadi, jangan sampai hal ini terlewatkan ya guys.

Tentang Sistem Jam Kerja

Banyak dari pegawai atau karyawan baru yang sungkan atau segan untuk mengakhiri jam kerja dikarenakan masih melihat rekan yang lain masih berdiam diri dikantor. hal ini bisa terjadi dikarenakan mungkin anda tidak menanyakan soal jam kerja normal di perusahaan.

tanyakan, dan pastikan anda pulang tepat waktu dan datang diawal waktu. jangan berlama-lama didalam kantor jika telah hadir waktunya untuk pulang. terkecuali anda memang diminta kerja lembur sebelumnya. karena jangan sampai salah, bahwa saat ini tidak banyak perusahaan yang menginginkan para karyawannya bekerja lembur. hal ini sekaligus menandakan bahwa anda tidak dapat bekerja dengan optimal dan maksimal diwaktu normal.

Budaya Perusahaan

Beberapa perusahaan khususnya swasta ada yang memiliki budaya ataupun kebiasaan yang terkadang wajib untuk diikuti bersama oleh para karyawan atau pegawai. seperti briefing tiap pagi, upacara tiap senin, ataupun olahraga dan senam bersama tiap minggunya.

sebagai karyawan baru, anda wajib mengetahui hal tersebut agar dapat lebih cepat membaur dengan para karyawan lainnya. untuk itu, saran dari kami hal seperti budaya tersebut perlu dan penting untuk kamu tanyakan ketika dalam wawancara kerja nantinya. wassalam.


Related Posts

: