Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Mengelola Gaji Kecil Agar Cukup

Posting Komentar

 

cara mengatur gaji yang kecil

Permasalahan yang kerap terjadi kepada banyak orang saat ini tidak hanya soal sulitnya mendapatkan pekerjaan. tapi juga tentang sulitnya memiliki pekerjaan dengan gaji atau penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama sebulan.

tidak sedikit entah itu di daerah ataupun perkotaan, banyak karyawan yang masih mendapatkan upah atau gaji yang sangat kecil dibawah upah minimum meskipun aturan minimumnya upah telah ada dan ditetapkan oleh pemerintah setiap tahunnya.

namun, gaji kecil bukan berarti tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan jika semua dapat dikelola dengan cara mengelola gaji yang baik. berikut sedikit tips dari kami tentang bagaimana mengelola gaji kecil agar anda dapat menutupi kebutuhan selama sebulan dengan kata cukup.

Catat Semua Kebutuhan Anda Selama Sebulan

Hal ini tampak sederhana sehingga banyak orang yang mengabaikannya. padahal, catatan kebutuhan merupakan hal yang sangat penting jika anda tidak mau kecolongan dalam hal pengeluaran setiap bulannya.

karena seringkali, pengeluaran yang sudah teramat kecil tidak diimbangi dengan hasrat juga keinginan membeli sesuatu yang sama atau lebih kecil. jika anda mampu dan bisa mencatat pengeluaran rutin tanpa dibarengi dengan kebutuhan sekunder yang lebih pada menjadi beban ketimbang manfaatnya, maka bisa kami pastikan bahwa gaji atau penghasilan kecil anda akan mampu menutupi keperluan selama sebulan.

kurangi jumlah pengeluaran seperti membeli rokok, jajanan, atau makanan ringan yang rutin anda keluarkan tiap bulannya. dan coba hitung, berapa banyak uang yang bisa anda simpan seandainya semua itu tidak perlu anda keluarkan setiap bulannya.

itu sebabnya, mencatat kebutuhan yang hanya anda butuhkan selama sebulan itu sangat penting. agar segala pengeluaran yang sebenarnya tidak anda dibutuhkan dapat dihentikan sejak awal bulan.

Membawa Bekal dari Rumah 

Sudah tau jika penghasilan atau gaji sangat kecil, tapi kerap malas sampai gengsi untuk membawa bekal sarapan dan makan siang dari rumah.

atau dengan alasan lain, malas dan tidak sempat memasak dan menyiapkan bekal dari rumah. jika itu alasannya, maka mulai sekarang buang jauh-jauh rasa malas dan beragam alasan dari diri anda agar tidak membawa bekal dari rumah.

coba hitung, jika untuk sekali makan siang anda harus mengeluarkan biaya sebesar 10 ribu rupiah ditambah 10 ribu rupiah untuk sarapan. maka akan ada pengeluaran sebesar setengah juta setiap bulannyan hanya untuk anda makan saja.

dan sekarang anda bayangkan, dengan uang yang setengah dari itu anda bisa membeli bahan masakan yang bisa memenuhi kebutuhan pangan anda selama sebulan penuh. seberapa banyak uang yang bisa anda hemat untuk mampu kemudian menutupi kebutuhan primer hidup anda sebulan itu.

Related Posts

: