Ad Unit (Iklan) BIG

Tata Cara yang Benar Dalam Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Posting Komentar

 

aturan mengirim lamaran kerja via email

Dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, sekarang ini mengirim sebuah surat lamaran kerja terasa jauh lebih mudah untuk dilakukan. anda tidak perlu lagi untuk bersusah payah untuk membuat print out dan mengirimkan lamaran kerja via POS (walaupun dibeberapa perusahaan hard copy lamaran kerja penting dan wajib ada). dengan adanya layanan email, kini para pencari dan pelamar kerja cukup mengetikkan surat lamaran di komputer.

Sediakan file pendukung berupa ijazah, transkip nilai, pas photo, ktp dan lainnya lalu save filenya untuk kemudian kirim atau send via email. tapi, jangan sembarangan ya dalam mengirim surat lamaran via email. karena meskipun via email, ada beberapa aturan yang harus dan wajib anda ikuti. berikut, tata cara dan aturan penting dalam mengirim surat lamaran via Email.

Buat Nama File Lamaran Yang Jelas

Hal pertama dari aturan penting dalam tata cara mengirim surat lamaran via Email adalah Nama File. bukan Sembarang Nama, tapi nama yang jelas bahwa file tersebut menunjukkan dan merupakan file dari lamaran kerja anda untuk perusahaan yang sedang anda tuju untuk dilamar. banyak orang yang hanya memberi nama seperti "lamaran kerja.docs". sebaiknya anda hindari, dan memberi nama jelas itu file lamaran apa dan untuk perusahaan apa.

Isi Body di Email

Jangan hanya membuka email, mengisi alamat email yang dituju, lalu mengisi lampiran file yang diminta oleh perusahaan. perhatikan juga Body atau isi Email anda, gunakan bahasa yang sopan dan formal untuk mengisi body pada email. dan jangan gunakan bahasa yang bertele-tele. singkat padat, dan tepat sasaran. serta jangan lupa mengungkapkan apa alasan dibalik ketertarikan anda melamar kerja disana.

Isi Subjek Email

Meskipun pada umumnya, aturan untuk subjek email tersebut telah ditentukan oleh perusahaan. tapi entah kenapa masih banyak saja orang yang tidak menaati aturan tersebut. maka sebaiknya baca dengan baik dan secara seksama aturan yang diminta oleh perusahaan terkait isi dari subjek email tersebut. jangan dilebihkan apalagi anda kurangi. 

dan jika tidak ada aturan yang ditetapkan, anda bisa mengisinya dengan : "Posisi yang Dilamar" dan "Nama Lengkap". dan satu lagi hal yang perlu anda ingat disini bahwa subjek merupakan hal yang penting jika anda ingin email anda dibaca oleh HRD Perusahaan, karena tanpa itu email anda hanya akan dianggap sampah oleh mereka.

Lampirkan File Lamaran

Dan tentu saja hal yang terpenting dari itu semua adalah lampiran berupa File lamaran Anda. jangan sampai body email yang terisi dengan kalimat dan kata yang to the point, lalu isi subjek email yang menaati aturan habis sia-sia karena anda tidak melampirkan file dari surat lamaran yang telah dibuat. karena, bukan lamaran pekerjaan namanya jika tidak ada file lamaran kerja pastinya. 

Ukuran File Kecil

Dan Terakhir, upayakan file yang anda kirim berupa file PDF. dan satu lagi yang terpenting adalah jangan mengirim file lamaran kerja dalam ukuran besar. upayakan meng kompress file lamaran kerja anda menjadi sekecil mungkin dibawah 2MB namun tetap menampilkan kualitas gambar serta tulisan yang baik dan layak untuk dilihat serta dibaca.

demikian sedikit tips dan trik karir dari kami untuk anda, semoga berguna dan bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkan.

Related Posts

: