Ad Unit (Iklan) BIG

Kesalahan yang Sering Terjadi ketika Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Posting Komentar

kesalahan mengirim lamaran kerja via email

 

Mengirim lamaran kerja saat ini tergolong cukup bahkan sangat mudah untuk dilakukan. terlebih di beberapa perusahaan hanya mewajibkan mengirim lamaran via email. namun, dari beberapa kasus, sering terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pelamar saat mengirim lamaran mereka lewat email. berikut bebeapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mengirim lamaran via email, agar kalian tidak mengikuti apalagi mengulanginya.

Tidak atau Salah mengisi Subjek & Body di Email

Ini merupakan kesalahan pertama yang kerap terjadi untuk dilakukan oleh banyak pelamar, entah karena tidak tau mau mengisi apa, abai atau tidak membaca secara seksama isi dari keseluruhan lamaran dan tata cara yang di tetapkan oleh perusahan.

pada umumnya, perusahaan sudah memiliki aturan dan tata cara sendiri dalam pengisian Subjek dan juga Body pada email yang akan dikirimkan. dan biasanya, semua itu sudah di jelaskan didalam lowongan yang mereka buka dan juga telah di sebarluaskan.

jika tidak ada, anda cukup menjelaskan secara singkat tentang apa isi dari email tersebut dan tujuan serta posisi apa yang anda lamar. dan yang terpenting adalah, jangan sampai mengosongkan isi subjek juga body pada email yang anda kirimkan.

Ukuran File yang Terlalu Besar

Dalam hal ukuran file yang bisa anda kirimkan juga memiliki aturan, jangan semena-mena dalam hal kapasitas file yang akan anda kirimkan kepada HRD. karena jika mereka menganggap file yang anda kirimkan terlampau besar untuk diunduh, maka jangan heran jika anda tidak dipanggil interview. karena bisa jadi bahkan file kamu juga tidak mereka unduh untuk kemudian dilihat isinya.

amannya adalah, kirimkan file yang berukuran tidak lebih dari 2MB. atau sebaiknya kirimkan file dalam ukuran dibawah 2MB. lakukan kompress file dengan baik, jangan karena ingin file yang dikirim dalam ukuran kecil lantas mengurangi kualitas gambar juga tulisan pada filenya.

Tidak Menggabungkan Berkas dalam Satu File

Didalam file lamaran yang anda kirim, jangan sampai ada file yang berpencar atau tercecer. jadikan semuanya mulai dari lamaran, cv, ijazah, transkip nilai, sampai dengan dokumen pendukung seperti foto, ktp, kk dan lainnya kedalam satu file untuk dikirimkan.

jangan pernah memisahkan antara mana surat lamaran, mana cv, mana ijazah dan transkip serta lainnya. karena bisa dipastikan, hrd akan muak melihat isi lamaran yang kamu kirimkan, karena tidak praktis dan merepotkan pastinya.

Tidak Melampirkan File

dan yang terakhir adalah ini, tidak melampirkan file. bukan salah file yang mana jika itu terjadi sudah dipastikan anda tidak akan mendapat panggilan interview. tapi tidak melampirkan file didalam attachement dikarenakan lupa. jangan sampai hal ini terjadi, perhatikan baik-baik langkah diatas sebelum anda menekan tombol send di email nanti. semoga berhasil

Related Posts

: