Ad Unit (Iklan) BIG

Tugas dan Tanggung Jawab Profesi Sales Representative. Kenali Lebih Jauh

Posting Komentar

 


Barangkali, bagi sebagian dari kalian yang sedang sibuk mencari pekerjaan saat ini sering melihat di ruang berita lowongan kerja tentang Lowongan Kerja Sebagai "Sales Representative". tidak salah, karena di banyak perusahaan yang membuka lowongan kebanyakan membuka kesempatan sebagai Profesi tersebut. 

dan bagi anda yang berminat atau tertarik untuk mencoba Profesi sebagai "Sales Representative" tersebut. sebaiknya kenali lebih jauh yuk tentang Tugas beserta Tanggung Jawab sebenarnya dari Seorang Sales Representative ini.

1. MENJUAL PRODUK PERUSAHAAN

Ya, sesuai dengan sebutannya sebagai sales. tentu tugas utamanya adalah menjual Produk Perusahaan dimana dia bekerja. tidak hanya menjual, tapi juga bertugas mencari celah atau peluang terhadap calon konsumen baru yang tentunya potensial. 

dan tidak lupa juga sebagai seorang sales, yang notabene merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan. maka wajib hukumnya untuk bisa menjaga hubungan baik serta nama baik dari perusahaan dimana dia mencari rejeki untuk dirinya.

2. PENGETAHUAN BAIK TERHADAP PRODUK YANG DIPASARKAN

Sebagai sales, jangan sampai anda tidak paham dan mengerti tentang produk yang sedang anda jual atau pasarkan. perbaiki pengetahuan dan wawasan anda terhadap produk perusahaan anda. jika anda tidak mampu untuk menghapal semua itu diluar kepala. sebaiknya mencatat tiap rincian tentang produk apabila tidak memiliki buku panduan produk yang bisa disediakan oleh perusahaan.

jangan sampai ketika konsumen menanyai anda tentang kelebihan dan kekurangan, serta kandungan yang dipakai hingga bahan dan cara produksi dari barang jualan tersebut, anda tidak mampu untuk menjawabnya dengan tepat dan meyakinkan hati sikonsumen untuk lanjut membelinya.

3. SIAP MENGURUS ADMINISTRASI KONSUMEN

Ini adalah tugas utama yang terkadang sering dilupakan oleh seorang sales representative. jangan sampai anda melupakan hal satu ini jika berminat dan akan melamar sebagai sales representative nantinya. pengalaman saya beberapa tahun menjadi sales, bahwa hal mengenai administrasi pembeli merupakan hal yang tidak mungkin bisa kita lewatkan dan abaikan begitu saja.

jadi, bersiaplah dan persiapkan diri anda sebaik mungkin untuk menghandle segala maca berkas dan administrasi yang dibutuhkan untuk konsumen agar mudah membeli dan memiliki produk yang kita jual. jadi, jangan lagi berpikir bahwa tugas sales hanya tentang menjual saja ya, ingat bahwa mengurus administrasi juga salah satu tugasnya.

4. MENJAGA CITRA PERUSAHAAN

Seperti hal yang kami singgung di point pertama bahwa tugas seorang sales representative selain menjual juga harus menjaga hubungan baik dengan konsumen juga berkaitan dengan menjaga citra dari perusahaan dimana dia bekerja.

Menjaga citra Perusahaan tidak hanya sebatas dengan tata krama juga baiknya tutur kata bagaimana juga layanan kita ketika berhadapan dengan konsumen. lebih dari itu, ada baiknya sebagai sales anda juga menggunakan produk keluaran dari perusahaan selain meyakinkan bagi konsumen, juga menjaga citra dari perusahaan tempat anda bekerja.

5. UPDATE SELERA DAN KEINGINAN MARKET

Sebagai Ujung Tombak Perusahaan, anda tidak bisa acuh dengan keinginan konsumen dengan hanya memaksakan produk yang ada kepada mereka. anda juga harus tau apa kemauan dan keiinginan terbaru dari masyarakat.

perhatikan dan peduli dengan kebutuhan terbaru dari mereka, jika ternyata produk yang anda jual kurang sesuai dan pantas untuk dimiliki. maka tugas anda untuk meyakinkan kepada perusahaan bahwa tren telah berubah dan perusahaan juga harus bergerak mengikuti perubahan tersebut. atau jika belum memungkinkan, tumbuhkan sedikit rasa kreatif dari diri anda untuk bisa memberi solusi bagaimana agar produk yang anda miliki masih bisa digunakan dan pantas dimiliki oleh konsumen.

Related Posts

: